Tuesday, January 29, 2013

Etika dalam Kegiatan Public relations


Telah kita ketahui bahwa ciri hakiki manusia bukanlah dalam pengertian wujud manusia (human being), melainkan proses rohaniah yang tertuju kepada kebahagiaan yang menyangkut watak, sifat, perangai, kepribadian, tingkah laku dan lain-lain, serta aspek-aspek yang menyangkut kejiwaan yang terdapat dalam diri manusia (Soekotjo, 1993; 102).
Seorang humas (public relations) harus menguasai etika-etika yang umum dan tidak umum antara lain :

1. Good communications for internal and external public.

2. Tidak terlepas dari factor kejujuran (integrity) sebagai landasan utamanya.

3. Memberikan kepada bawahan/karyawan adanya sense of belonging dan sense of wanted 
pada perusahaannya (membuat mereka merasa diakui/dibutuhkan).

4. Etika sehari-hari dalam berkomunikasi dan berinteraksi harus tetap dijaga.

5. Menyampaikan informasi – informasi penting kepada anggota dan kelompok yang berkepentingan.

6. Menghormati prinsip-prinsip rasa hormat terhadap nilai-nilai manusia.

7. Menguasai prinsip-prinsip rasa hormat terhadap nilai-nilai manusia.

8. Menguasai teknik dan cara penanggulangan kasus-kasus, sehingga dapat memberikan keputusan dan pertimbangan secara bijaksana.

9. Mengenal batas-batas yang berdasarkan pada moralitas dalam profesinya.

10. Penuh dedikasi dalam profesinya

11. Menaati kode etik humas

Sumber : Dasar-dasar Public Relations, Drs Soleh Soemirat, MS dan Drs Elvinaro Ardianto, M.Si

No comments:

Post a Comment