Tuesday, January 29, 2013

Fungsi, Tujuan, dan Pengertian Public Relations menurut Para Ahli



Dalam organisasi, kita biasa mengenal istilah humas atau hubungan masyarakat. Humas adalah nama lain untuk public relations atau yang biasa disingkat PR, merupakan bagian terpenting dari komunikasi yang bertujuan memperkenalkan dan mengangkat citra positif organisasi atau perusahaan tertentu secara internal atau eksternal.
Karena kedudukannya sebagai bentuk komunikasi, public relations menjadi bagian dari cabang ilmu sosial, yaitu sosiologi, pendidikan, psikologi, dan juga aspek kebahasaan seperti linguistik.
Di dalam suatu wilayah, terjadi hubungan antarmanusia sebagai masyarakat yang tinggal di lingkungan tertentu dengan kondisi psikologi, pendidikan, dan bahasa yang dipergunakan relatif sama. Orang-orang yang menjadi PR atau public relations suatu organisasi dapat melakukan pendekatan di wilayah tersebut dengan melihat aspek di atas. Namun bagaimanakan definisi atau pengertian public relations menurut para ahli?
Berdasarkan teori sosiologi dan ilmu pemasaran, ada beberapa pengertian public relations menurut para ahli, yakni:

1. Menurut Howard Bonham
Howard Bonham adalah seorang penulis bisnis dan keuangan yang pernah bekerja untuk perusahaan riset independen di Houston, Texas, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa public relations adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seseorang atau organisasi tertentu.

2. Menurut James E.Grunig
James E. Grunig adalah seorang penulis dan penerima penghargaan dari Public Relations Society of America. Menurutnya, public relations adalah cara melatih komunikasi antara organisasi dan masyarakatnya.

3. Menurut Edward L. Bernays
Pengertian public relations menurut para ahli yang lainnya adalah menurut Bernays. Menurutnya, public relations atau hubungan masyarakat adalah usaha yang bertujuan memberi informasi pada masyarakat, membujuk masyarakat untuk mengubah tindakan dan sikapnya, dan berbagai usaha untuk mengintergrasikan tindakan dan sikap dari masalah dengan manusia dan dari manusia terhadap masalah.

4. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center
Public relations adalah sebuah fungsi manajemen untuk menilai sikap masyarakat, melakukan identifikasi kebijakan sebuah organisasi untuk mementingkan kepentingan orang banyak, serta merencanakan dan melaksanakan berbagai program kegiatan guna mendapatkan pengertian dan dukungan dari masyarakatnya.

5. Menurut Masyarakat Public relations Amerika
Public relations adalah suatu tindakan pengelolaan organisasi agar organisasi tersebut bisa saling beradaptasi dengan publik dengan cara yang saling menguntungkan. Public relations juga dapat diartikan sebagai sebuah usaha untuk mendapatkan dukungan dan kerja sama dari masyarakat. Public relations yang baik adalah sebuah cara berkomunikasi dan berinteraksi yang efektif antara sebuah organisasi dan publik.

6. Menurut J. C. Seidel
Pengertian public relations menurut para ahli yang lainnya adalah menurut J. C. Seidel. Menurutnya, public relations adalah sebuah proses berkesinambungan yang terdiri dari berbagai usaha manajemen agar itikad baiknya didengar oleh pelanggan, karyawan, dan masyarakat umum sehingga manajemen perusahaan tersebut mendapatkan pengertian dari mereka. Caranya adalah dengan menganalisis dan mengevaluasi kinerja sendiri serta membuat pernyataan-pernyataan diplomatis.

7. Menurut W. Emerson Reck
Public relations adalah sebuah bentuk pelaksanaan dari penetapan kebijakan, pelayanan, dan sikap yang disesuaikan dengan keperluan masyarakat atau segolongan masyarakat agar organisasi tersebut mendapat kepercayaan dari mereka.

8. Menurut Konferensi Dunia tentang Public Relation
Public relations adalah percampuran seni dan ilmu pengetahuan yang dapat memperkirakan kecenderungan, risiko, menyarankan pimpinan organisasi, dan mengimplementasikan kegiatan sesuai rencana dengan tujuan melayani kepentingan masyarakat umum dan organisasinya.

9. Menurut Cutlip, Center, dan Broom
Public relations adalah sebuah fungsi manajemen yang bertujuan membangun dan menjaga hubungan baik serta bermanfaat antara organisasi dan masyarakat; fungsi ini memengaruhi sukses atau gagalnya organisasi tersebut.

10. Menurut the British Institute of Public Relation
Public relations merupakan sebentuk usaha yang terencana dan berkelanjutan dalam menjaga itikad baik dan keselarasan pengertian bersama antara organisasi dan masyarakat.

11. Menurut Frank Jeffkins
Pengertian public relations menurut para ahli yang lainnya adalah menurut Frak Jeffkins. Menurutnya, public relations adalah sekumpulan bentuk komunikasi terencana intra dan ekstra organisasi yang berfungsi untuk mencapai sebuah tujuan yaitu terciptanya pengertian bersama.

12. Menurut Jeffkins & Daniel Yadin
Public relations adalah sistem komunikasi yang berfungsi menumbuhkan niat baik.

13. Menurut Maria
Public relations adalah sebuah fungsi manajemen yang khusus membantu menumbuhkan dan memupuk komunikasi bersama, dukungan, pengertian, dan kerja sama di antara sebuah organisasi dan masyarakat.
Public relations melibatkan perihal manajemen, membantu manajemen dalam mencari tahu dan merespons opini masyarakat, memaparkan dan mempertegas tanggung jawab manajemen untuk melayani masyarakat, menolong managemen agar tetap memantau dan mendayagunakan perubahan yang terjadi secara efektif, bermanfaat sebagai sebuah sistem alarm dalam membantu mengantisipasi tren, dan mempergunakan penelitian dan teknik suara yang sepantasnya dalam berkomunikasi.

14. Menurut Wilcox dan Cameron
Dalam buku “Dasar-Dasar Public Relations”, keduanya menjelaskan bahwa public relations merupakan sebuah fungsi manajemen atas sebuah sikap baik yang direncanakan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh setiap organisasi demi mendapatkan saling pengertian, dukungan, dan simpati dari masyarakat yang terkait dengan cara melakukan evaluasi opini masyarakat tentang organisasi tersebut untuk mencapai kerja sama yang produktif dan efisien.

Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli – Fungsi Public Relations

Setelah memahami pengertian public relations menurut para ahli, sekarang mari kita pahami fungsi dari ilmu komunikasi ini.
Public relations menjadi kebutuhan utama dalam suatu organisasi atau lembaga karena peranannya yang kuat dalam memperlihatkan wajah perusahaan dengan image yang baik dan usaha mencari dukungan masyarakat. Tidak hanya itu, ada beberapa fungsi penting lainnya seperti berikut ini.
  • Menarik simpati masyarakat agar perusahaan dapat dikenal publik dengan baik (tindakan pencitraan).
  • Menerangkan kepada masyarakat tentang fungsi kelembagaan dan keuntungan yang akan didapat apabila bergabung dengan organisasi atau menggunakan jasa perusahan.
  • Menimbulkan efek persuasif atau pembujukan langsung sehingga masyarakat mengubah sikapnya dari belum percaya menjadi percaya terhadap organisasi.
  • Mengevaluasi sikap perusahaan terdahulu dilihat dari tanggapan publik sehingga dapat memperbaiki manajemen perusahaan ke depannya.
  • Menjadi jembatan penghubung antara masyarakat sebagai pelanggan dan perusahaan dengan manajemen sebagai penyedia jasa dan layanan.

Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli – Tujuan Public Relations

Selain menelaah fungsi dan pengertian public relations menurut para ahli, mari simak beragam tujuan public relations berikut ini.
Menurut Davis, tujuan utama aktivitas public relations adalah untuk memengaruhi sikap manusia secara individu atau kelompok ketika saling berhubungan, dengan melakukan dialog terhadap semua golongan, ketika persepsi, opini, dan sikapnya dianggap penting bagi kesuksesan sebuah perusahaan.
Sementara itu, Rosady Ruslan berpendapat bahwa ada 5 tujuan public relations, yaitu:
  • Menciptakan citra organisasi yang baik dan positif bagi masyarakat dan konsumen.
  • Memicu tercapainya sikap saling mengerti antara masyarakat dan perusahaan.
  • Mengembangkan keselarasan fungsi antara pemasaran dan public relation.
  • Membangun pengenalan dan pengetahuan tentang merek secara efektif.
  • Mendukung bauran pemasaran.
Adapun Jefkins menuliskan bahwa ada banyak tujuan dari kegiatan public relations dalam sebuah perusahaan, di antaranya:
  • Melalui aktivitas kegiatan perhumasan yang dilakukan perusahaan, diharapkan citra umum perusahaan di mata masyarakat berubah.
  • Untuk meningkatkan kualitas calon pegawai.
  • Untuk mempublikasikan kisah sukses perusahaan pada masyarakat agar perusahaan memperoleh pengakuan dari masyarakat.
  • Untuk mengenalkan masyarakat kepada perusahaan sehingga terbuka pangsa pasar yang baru.
  • Untuk mengondisikan masyarakat bursa saham sesuai rencana perusahaan dalam menerbitkan saham baru atau saham tambahan.
  • Untuk memperbaiki hubungan perusahaan dan masyarakat jika telah terjadi kejadian yang menyebabkan perusahaan mendapatkan kesangsian, kecaman, dan timbulnya salah paham terhadap itikad baik perusahaan.
Pada dasarnya, setiap individu adalah humas atau PR bagi dirinya sendiri. Ketika ia terjun ke masyarakat, pembawaan dirinya menjadi citra yang selalu melekat dan selalu diingat oleh individu-individu lain.
Begitu pula dengan public relations dari sebuah organisasi atau perusahaan yang membawa citra atauimage yang tentunya diharapkan baik sehingga masyarakat dapat percaya dan simpatik pada kualitas perusahaan tersebut.

Sumber: (http://www.anneahira.com/pengertian-public-relations-menurut-para-ahli.htm)

No comments:

Post a Comment